Bengkulu Utara, Swara Indonesia – Ajang kompetensi Para Legal Justice Award Menkumham RI 2024 Kepala Desa Rama Agung kecamatan kota argamakmur kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, berhasil lolos seleksi untuk mengikuti ajang bergengsi Paralegal Justice Award 2024, yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional.

Ajang tahunan ini diikuti oleh 1.057 peserta dari seluruh Indonesia, termasuk dari berbagai provinsi diantaranya seperti Banten dengan 6 peserta, Bengkulu dengan 42 peserta, dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 65 peserta. Kalimantan Tengah mengirimkan 22 peserta, dan setelah seleksi ketat, hanya 300 peserta terbaik yang berhasil melaju ke tahap berikutnya, termasuk Salah-satunya wakil dari Bumi Raflesia yang di back up penuh oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara mulai dari Seleksi Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

Perwakilan dari kabupaten Bengkulu Utara yang lolos seleksi adalah, Putu Seriade. Sosok Putu Seriade merupakan kepala Desa yang dikenal dekat dengan masyarakat  karena kemudahan yang diberikannya kepada warga dalam mengurus surat surat kependudukan, selain itu Putu Seriade selalu sigap dalam memberikan perhatian kepada warganya. “Putu selalu turun langsung jika ada warganya yang membutuhkan surat-surat kependudukan,” ujar warganya 

“Mohon dukungan pada warga provinsi Bengkulu, semoga kami bisa memberikan yang terbaik, keberangkatan kami semata-mata untuk membawa nama kabupaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu dan khususnya kabupaten Bengkulu Utara agar lebih dikenal di tingkat nasional,” ucap Kades Rama Agung (27/5/2024).

Setelah registrasi, perwakilan Bengkulu Utara ini akan mengikuti Paralegal Academy yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 28 Mei – 2 Juni 2024. Mereka juga akan menghadiri acara puncak Anugerah Paralegal Justice Award 2024 yang digelar pada 1 Juni 2024 di BPSDM Kemenkumham, Jakarta.

Paralegal Justice Award diadakan untuk mengapresiasi Kepala Desa dan Lurah yang berhasil menyelesaikan permasalahan di desa mereka sebagai penengah non-litigasi. Penghargaan ini memiliki beberapa kategori, termasuk Favorit Publik, Top 10 PJA, Kategori PJA, Non-Litigation Peacemaker, Anubhawa, dan Sasana Jagaddhita.

Kades Rama Agung perwakilan dari Kabupaten Bengkulu Utara berharap dapat meraih prestasi dalam ajang ini dan meminta doa serta dukungan dari masyarakat. Dia berjanji untuk memberikan yang terbaik demi mengharumkan nama Kabupaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu (DD/Release/SM/SWAIN)