Bengkulu Selatan – Kondisi arus lalu lintas di lokasi wisata, khususnya di pertigaan pintu masuk obyek wisata Pantai Pasar Bawah Manna, Bengkulu Selatan, tergolong padat. Peningkatan arus lalu lintas tersebut sangat signifikan, terutama dengan dominasi kendaraan pribadi wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah, Jum’at (12/04/24).

Di lokasi tersebut, terlihat enam anggota Satlantas Polres Bengkulu Selatan sedang sibuk mengatur arus lalu lintas di pertigaan jalan Kelurahan Pasar Bawah, Kecamatan Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, yang merupakan pintu masuk obyek wisata Pantai Pasar Bawah Manna. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Bengkulu Selatan, IPDA Sudarminta, menjelaskan bahwa kepadatan arus lalu lintas di pertigaan pintu masuk obyek wisata Pantai Pasar Bawah Manna, Bengkulu Selatan, mulai terjadi sejak pagi pukul 08.30 WIB. Kendaraan yang melintas di jalur ini didominasi oleh kendaraan pribadi dari dalam dan luar kota Bengkulu Selatan yang hendak berwisata di pantai.

Sudarminta juga memperkirakan bahwa jumlah kendaraan yang masuk ke obyek wisata, baik roda dua maupun roda empat, mencapai sekitar 2000 kendaraan pada pagi hingga siang hari. Dia juga memperkirakan bahwa kondisi serupa akan terjadi pada hari berikutnya, yakni Sabtu (13/04/23), hari keempat Idul Fitri 1445 Hijriyah tahun 2024.

“Kami menghimbau kepada seluruh pengendara kendaraan, baik roda empat maupun sepeda motor, yang melintas di jalan pertigaan Kelurahan Pasar Bawah, Kecamatan Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, atau tepatnya pintu masuk obyek wisata Pantai Pasar Bawah Manna, baik dari arah barat (Ketaping) maupun timur (Kota Manna), agar berhati-hati dan mengurangi kecepatan laju kendaraan mereka karena banyak penyeberang jalan dan kendaraan yang keluar-masuk obyek wisata,” tegasnya.

Dengan himbauan ini diharapkan, keselamatan dan kenyamanan pengunjung serta pengendara di lokasi wisata Pantai Pasar Bawah Manna, Bengkulu Selatan, dapat terjaga dengan baik.