Bengkulu Selatan – Telah terjadi tanah longsor  di jalur lintas Manna- Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya di Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna. Hal tersebut disebablan oleh intensitas hujan lebat yang terjadi sejak  Selasa 2 Maret 2024.

Akibat longsor tersebut menyebabkan akses jalan tersebut belum dapat dilalui. Baik dari arah BS menuju Kota Pagar Alam, Sumsel atAkibatnya, akses kedua arah baik dari Kabupaten BS maupun dari arah Pagar Alam menjadi lumpuh.

Kapolres BS AKBP Florentus Situngkir, S.I.K., melalui Kapolsek Pino Iptu Andi membenarkan hal tersebut.

“Untuk sementara waktu, akibat tumpukan material longsor berupa tanah bercampur bebabtuan dan pohon menutupi badan jalan,” ujar Andi.

Sementara itu, Kepala BPBD BS, Hen Yepi SPi mengatakan laporan bencana tersebut sudah diterima. Bahkan saat ini personel TRC BPBD BS sudah meluncur ke lokasi untun mengevakuasi material longsor yang menutupi jalan.

“Laporan sudah kita terima dan kita sudah kerahkan personil ke lokasi dengan persiapan berupa peralatan seperti singso dan alat cangkul lainnya,” kata Hen.

Hen juga mengimbau masyarakat untuk waspada akan material longor di lokasi yang dilaporkan. Hal tersebut untuk menhindari adanya korban yang tertimpa material longsor lainnya.

“Kita upaya untuk menbuka akses jalan yang tertutup longsor. Masyarakat yang ada disekitar lokasi kami minta berhati-hati,” imbaunya.