Bengkulu Selatan – Polres Bengkulu Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral sebagai persiapan pengamanan menjelang perayaan Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

Rapat ini dipimpin oleh Wakapolres Bengkulu Selatan Kompol  Rahmat Hadi F S.H., S.I.K., dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Bupati Bengkulu Selatan yang diwakili oleh Asisten I, serta Dandim 0508 BSK yang diwakili oleh Pasiops, dan sejumlah pejabat dari instansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Wakapolres Bengkulu Selatan  menjelaskan Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi lintas sektoral tingkat Propinsi  dan stake holder yang telah dilaksanakan di Bengkulu dan diikuti via daring pada tanggal 28 Maret 2024 pagi.

Tujuan dari rapat ini adalah untuk memastikan kesiapan satuan pengamanan dan para pemangku kepentingan dalam menghadapi dinamika kamtibmas menjelang saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

Selanjutnya Wakapolres mengatakan, pada tahun ini, pengamanan Idul Fitri menjadi lebih kompleks karena bertepatan dengan tahapan-tahapan Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan sejak tahun 2023.

Hal ini dapat berimplikasi terhadap dinamika politik dan potensi gangguan kamtibmas.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara berbagai pihak terkait guna memberikan kelancaran dan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Idul Fitri .

Wakapolres menyampaikan, pengamanan ini tidak hanya Polri yang melaksanakan akan tetapi didukung oleh TNI, Pemda, instansi terkait lainnya, serta mitra kamtibmas dalam melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2024 selama 13 hari, dimulai dari tanggal 04 April hingga 16 April 2024. Operasi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat selama perayaan Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

Jelasnya Dalam pelaksanaan operasi tersebut, akan ditempatkan pos-pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu pada lokasi yang strategis dengan melibatkan stakeholder. Selain itu, kendaraan patroli, ambulance, alat berat, peralatan, dan perlengkapan sar juga disiapkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Mengakhiri amanatnya, Wakapolres mengharapkan semua pihak memiliki persepsi yang sama untuk menjaga kondusifitas kamtibmas dan keselamatan serta kenyamanan masyarakat selama perayaan Idul Fitri 1445 H tahun 2024.