Kepahiang – Untuk memastikan tidak terjadinya kecurangan dalam transaksi pembelian BBM di SPBU di wilayah Kabupaten Kepahiang, juga untuk mencegah gangguan Kamtibmas, personel Sat Intelkam Polres Kepahiang melakukan pengecekan SPBU di wilayah Kabupaten Kepahiang, Rabu (27/3/2024).

Kapolres Kepahiang Polda Bengkulu AKBP Eko Munarianto melalui Kasat Intelkam AKP Sagiran mengatakan, beberapa titik SPBU yang dicek diantaranya adalah:

1.) SPBU 24.391.13 Pekalongan di Desa Pekalongan Kec. Ujan Mas Kab. Kepahiang;
2.) SPBU 21.391.11 Kelobak di Desa Pelangkian Kec. Kepahiang Kab. Kepahiang;
3.) SPBU 24.391.12 Pasar Kepahiang di Kel. Pasar Kepahiang Kec. Kepahiang Kab. Kepahiang
4.) SPBU 24.393.46 Gunung Agung di Desa Gunung Agung Kec. Bermani Ilir Kab. Kepahiang.

Dalam pengecekan tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepahiang, dimana selain mengecek, mereka juga melaksanakan uji tera tekanan pada Nozzle SPBU di wilayah Kabupaten Kepahiang

Dijelaskan Kasat Intelkam, pengecekan tersebut dilakukan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Idul Fitri 1445 H. Seperti diketahui, menjelang hari raya, distribusi atau pergerakan kendaraan akan meningkat.

“Personel Polres Kepahiang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Kepahiang melakukan pengecekan alat ukur (Tera) disetiap SPBU yang ada di Kabupaten Kepahiang untuk memastikan kebenaran volume pada pompa (Nozzle) ukuran BBM pada SPBU. Hasil pengujian tera yang dilaksanakan personel Polres Kepahiang bersama dengang Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Kepahiang di 4 (Empat) SPBU yang ada di Kab. Kepahiang tidak ditemukan adanya kecurangan, kontruksi dan pengkabelan yang tidak sesuai dengan setandar (takaran masih dalam batas kesalahan yang diizinkan maksimal 100ml/20 L). Diharapkan dengan adanya kegiatan ini seluruh SPBU yang ada di Kab. Kepahiang tidak melakukan kecurangan yang akan merugikan konsumen,” pungkasnya.